Rabu, 06 Januari 2016

“ Warga Desa sumbersalak Kec. Ledokombo kaya air, Irigasi Sawah Saja Pakai Air Minum “


Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kab. Jember  dikenal sebagai daerah yang kaya akan sumber daya air. Kualitas air yang dimiliki oleh Desa Tersebut terbilang sangat bagus sehingga menarik minat para investor untuk datang dan mendirikan pabrik makanan dan minuman di wilayah ini.
Hal itu dinyatakan oleh Pakar Hydrologi yang juga Mahasiswa  S2, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Gunawan Wibisono.
“Sumbersalak ini kaya sumber daya air dibandingkan daerah-daerah lainnya. Saking kayanya, istilahnya orang sikat gigi aja pakai air Aqua . Selain itu, irigasi sawah di sejumlah wilayah di Desa Sumbersalak juga menggunakan mutu air yang sangat bagus. Bahkan terlalu bagus menurut saya,” ujar Putra daerah tersebut.


Dijelaskannya, kekayaan sumber daya air yang dimiliki oleh Didesa Sumbersalak kerapkali tidak disadari betul oleh warga sekitar sehingga tak jarang mereka membuang secara mubadzir air tersebut. Sementara, pihak investor dari luar daerah justru berbondong-bondong untuk mendirikan pabrik makanan dan minuman di beberapa wilayah Kabupaten Jember.
“Harus dimulai sekarang untuk menyadarinya. Kalau hanya untuk irigasi kan gak perlu pakai air seperti itu (layak minum). Cukup air biasa,” tambahnya.

Untuk diketahui, pengambilan air Tanah untuk keperluan irigasi ini kerap dilakukan secara illegal drilling terutama di beberapa wilayah dibeberapa wilayah . (Iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar