Minggu, 24 Januari 2016

AKSES AIR TERJUN DI SUMBERSALAK KURANG MEMADAI


Iwanjoyo.blogspot.com  Sumbersalak selama ini memiliki sejumlah destinasi wisata alam seperti air terjun yang tidak kalah dengan kota kota lainnya di kabupaten jember maupun di kota lainnya di Indonesia . Sehingga puluhan ribu  masyarakat Ledokombo sering keluar daerah saat liburan tiba.
Menurut Pandangan Penulis di Kecamatan Ledokombo, setidaknya ada 5  titik lokasi air terjun yang tersebar di Beberapa desa Di Kecamatan Ledokombo tiga air terjun diantaranya terdapat di Desa Sumbersalak. Objek air terjun tadi memiliki pesona yang cukup menakjubkan.
Persoalan selama ini yang dihadapi para wisatawan lokal khususnya, persoalan akses jalan yang sulit dilalui kendaraan, infrastruktur penunjang lain juga masih minim untuk menujuke lokasi air terjun ini. Selain itu fasilitas jaringan telekomunikasi juga tidak terjangkau ke objek wisata ini.
Kondisi tersebut tentunya sangat berbeda dengan lokasi air terjun yang di kabupaten lainnya seperti Air terjun madangaskara yang terdapat di Kabupaten Probolinggo yang sudah didukung oleh pemerintahnya secara serius karena ini merupakan aset daerah yang cukup menjajikan. Sehingga tidak heran, jika Kabupaten Jember  harus kehilangan pendapatan disektor wisata setiap tahunnya.
Camat Ledokombo, Hery Setiawan, Kamis (23/01/16) mengatakan, pihaknya melakukan peninjauan langsung ke lokasiair terjun yang ada di Desa Sumbersalak. Diakuinya untuk menuju lokasi, harus melakukan perjuangan yang maksimal, karena akses jalan yang belum memadai.
"Ada 4 lokasi air terjun yang sudah kami data berada di kecamatan Ledokombo. Kondisi air terjun yang ada itu tidak kalah indah dari daerah-daerah lain. Hanya saja, memang akses jalan menuju kesana belum dibangun secara layak," ujar Hery.
Menurut Mohammad Ali, sejumlah lokasi air terjun yang ada di Sumbersalak sebagian besar lokasinya terletak di pinggiran sawah, dengan akses harus menuruni tebing yang tidak begitu terjal sehingga untuk mencapainya harus ditempuh dengan berjalan kaki.
"Seperti air terjun Anjasmoro. Potensinya sangat luar biasa, air terjunnya ada tiga tingkat, tapi dari lokasi parkir mobil itu kita harus berjalan kaki " sambung Ali.

Dia mengharap, “ Seharusnya dari beberapa air terjun yang ada di kecamatan Ledokombo Harus mendapatkan dukungan dari pemerintah atau di perdeskan untuk menata dan mengelola air terjun tersebut. termasuk pembanguunan Insfratruktur yang harus didukung oleh pemerintah daerah. Ungkap Mantan kepala MI ini. (Iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar