Senin, 11 Januari 2016

SUMBERSALAK LAKSANAKAN MUSRENBANGDES 2017

 Hy.... sepertinya sudah lama tidak memposting di www.iwanjoyo.blogspot.com
dalam kesempatan ini penulis akan mengupas tuntas Musrenbang ( Musyawarah Rencanan Pembangunan ) di Desa Sumbersalak Kec. Ledokmbo
SUMBERSALAK LAKSANAKAN MUSRENBANGDES 2017
Sumbersalak , Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo diselenggarakan yang sudah dijadwalkan oleh Tim Kecamatan Ledokombo . Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 11 Januari 2015 di Pendopo Balai Desa Sumbersalak , yang dihadiri oleh Perwakilan Camat Ledokombo yakni Kasi Pemdes bapak Sumoardi serta beberapa Tim dari UPK Kec. Ledokombo , semua unsur lembaga desa, mulai dari BPD, RW, RT, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Abdul Haki Kepala Desa Sumbersalak menyampaikan dalam sambutannya “Musyawarah Perencanaan Pembanguna Desa (MUSRENBANGDES) Desa Sumbersalak kali ini merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Dusun (MUSDUS) di wilayah masing-masing Dusun Juga yang sudah di Jadwalkan oleh Kecamatan Ledokombo . Usulah-usulan prioritas yang untuk Rencana Kerja Program (RKP) untuk tahun 2017 sudah di prioritaskan oleh masing-masing RW melalui Musdus.”

Dalam sambutannya Sumo, mewakili Camat Ledokombo menyampaikan “Musrenbangdes di wilayah Kecamatan Ledokombo baru kali ini ada desa yang pesertanya sangat maksimal dan antusias dalam Musrenbangdes, meski mengalami keterlambatan kedatangan Undangan beberapa Jam, perwakilan dari berbagai lembaga yang ada di Desa Sumbersalak . Dalam Musrenbangdes ini mari kita bersama-sama diskusi yang kaitannya dengan Rencana Kerja Program (RKP) Tahun 2017 untuk dasar Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Sumbersalak”

“Pemerintah Kabupaten Jember mengalokasikan dana Milyaran untuk Kecamatan Ledokombo yang akan dibagikan 12 desa yang ada di Ledokombo . Sistem pembagiannya juga akan melihat kondisi dan wilayah desa tersebut. Untuk program pembangunan juga harus melihat prioritas usulan, sehingga untuk bisa mengetahui besar kecilnya anggaran yang akan diberikan di tiap-tiap desa. Baru kali ini ada usulan yang sangat lengkap dan bukan hanya yang diusulkan pembangunan fisik tetapi memang harus ada program usulan pembangunan non fisik yang akan bisa mensejahterakan perekonomian keluarga.” Jelasnya.

Untung Supriadi Ketua BPD Sumbersalak menyampaikan dalam sambutannya ”Musrenbangdes ini sudah melewati musdus di tiap-tiap kadus dan rw, yang mengusulkan Rencana Program Kerja yang diusulkan di tingkat Musrenbangdes yang sudah diprioritaskan oleh masing-masing RW. Setelah ini akan dilanjutkan ke Musrenbang Di kecamatan Ledokombo . Pogram yang diusulkan dalam bentuk fisik maupun non fisik ini yang sangat diharapkan. Tahapan-tahapan ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang ada.”

Hadir juga dalam acara tersebut direktur tanoker Ledokmbo Dr. Ir. Supohardjo M. Si. Dalam sambutannya dia menyinggung tentang perencanaan desa yang belum tersentuh yakni pembedayaan anak anak yang di tinggal kedua orang tuanya untuk merantau ke luar daerah, “ meraka butuh perhatian khusus dari desa, oleh sebab itu saya berharap kepada pemerintah desa untuk mengalokasikan dana untuk anak anak buruh yang ditinggal kedua orang tuanya, dan kepada siswa sumbersalak yang berprestasi.” Kata Supo yang Akrab di sapa Lek Hang ini.

“ Selama ini pemerintah desa hanya vokus kepada pembangunan sarana dan prasarana saja, tidak memperhatikan kondisi warganya, oleh sebab itu saya harap ada pengalokasian khusus untuk pemberdayaan keluarga terutama keluarga yang sangat Miskin.” Tambahnya

Kemudian acara tersebut di lanjutkan dengan sidang komisi, sidang tersebut di bagi menjadi tiga sidang komisi yaitu Komisi A membahas Pembangunan Desa, Komisi B Membahas sarana dan prasarana dan Komisi C Membahas pemberdayaan Masyarakat. Yang kemudian hasil dari sidang komisi tersebut akan ditindak lanjuti di musrenbang di kecamatan Ledokombo tanggal 15 Februari nanti. Iwan

Untuk lebih ingin jelasnya about desa Sumbersalak Pliss Visit www.iwanjoyo.blogspot.com








Tidak ada komentar:

Posting Komentar