Rabu, 27 Januari 2016

Sumbersalak is Hidden paradise (Sejuta Pesona Keindahan Alam Desa Wisata Sumbersalak Jember)





Sebenarnya aku Sudah sering memposting desa kelahiranku ini  yang akan aku ceritakan kali ini tetapi karena banyak teman dan kenalanku sering ngajak aku ke sana aku jadi ingin menceritakan apa saja yang bisa kita nikmati saat berwisata di objek wisata itu.  
Air Terjun Damar wulan II
Oke langsung saja, pastinya masih banyak orang belum pernah mendengar objek wisata Desa Sumbersalak. Padahal banyak para wisatawan dalam dan luar daerah  yang sudah mengunjungi Desa Sumbersalak. Desa Sumbersalak  terletak di Kecamatan Ledokombo Kab. Jember Propinsi Jawa Timur. Sekitar 30 Km ketimur dari Pusat Kota Jember
Terus apa yang menarik dari Desa Sumbersalak ? Desa Sumbersalak  adalah sebuah desa wisata yang menawarkan banyak ragam wisata alam yang dapat memanjakan setiap orang yang berkunjung ke Desa Sumbersalak . Desa Sumbersalak  juga sering disebut sebagai hidden paradise yang artinya surga tersembunyi karena masih sepi belum banyak wisatawan mengetahui banyak tempat wisata di desa ini.
Desa Sumbersalak  memiliki banyak tempat wisata alam yang masing-masing akan memberikan kesan yang berbeda saat kamu mengunjunginya. Ada lebih dari tiga tempat wisata alam di Desa Sumbersalak. Air terjun Damar wulan Misalnya atau juga yang biasa disebut dengan Niagara mini,  yang memiliki pemandangan indah dan bersih karena bebas dari sampah-sampah plastik. Selain  itu air terjun damar wulan ini memiliki keunikan tersendiri yakni para wisatawan bisa menyaksikan sunset maupun sun rise melului hamparan sawah yang luas Di sekitar air terjun ini.
Damar Wulan Water Fall I
Selain  air terjun, desa sumbersalak terdapat  sebuah kampung jamu karena desa tersebut sangat kaya akan spesies tanaman dan tumbuhan yang memiliki khasiat terhadap kesehatan. Ribuan spesies tumbuhan ada Di desa Tersebut dan di antaranya termasuk dalam tumbuhan yang berkhasiat. Beberapa  spesies telah dimanfaatkan oleh industri jamu tradisional. Dusun karang Anyar Desa Sumbersalak merupakan desa yang kondisi alam sekitarnya masih segar dan hijau serta menyimpan kekayaan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Terdapat banyak beberapa jamu yangsudah siap untuk disajikan kepada para wisatawan
Kembali lagi ke pemandangan alam yakni air terjun Damarwulam II, para wisatawan hanya memerlukan berjalan sekitar 10 menit mencapai lokasi air terjun tersebut dari lokasi air terjun damarwulan pertama air terjun damarmuwalan II ini diapit oleh beberapa tebing dari batu cadas. Dan sangat bagus untuk dijadikan spot untuk berfoto selfie.
Anjasmoro Waterfall
Selain air terjun damar wulan, desa Sumbersalak juga memiliki situs bersejarah yakni sebuah pohon Godril/Trembesi  yag sangat besar dan dibawahnya terdapat sebuah latar yang mirip dengan kuburan. Menurut cerita masyarakat sekitar bahwa lokasi tersebut dipercaya sebagai tempat kelahiran seorang tokoh ksatria dari kerajaan Majapahit yakni Damarwulan. 

Dan puncak keindahan alam di Desa Sumbersalak  adalah . Air Terjun Anjasmoro  adalah Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini menyuguhkan beberapa atraksi yakni air terjun yang bertingkat dengan menawarkan air terjunn yang jernih yang bersal dari sumber mata air langsung. Air terjun  ini bisa menjadi spot foto untuk kamu yang punya hobi fotografi. (Iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar