Sabtu, 16 Januari 2016

UKPK IAIN JEMBER KUNJUNGI AIR TERJUN DAMAR WULAN



SUMBERSALAK 11/12/2016- Ratusan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Yang tergabung dengan sebuah Organasasi Intra Kampus Yakni Unit Kegitan Pengembangan Keilmuan (UKPK) yang tengah melaksanakan Rapat Kerja atau Raker Untuk kepengurusan periode 2015-2016 di desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo , melakukan tinjauan ke air terjun Damar Wulan  yang akhir akhir sangat ramai di Kunjungi wisatawan..

Hal tersebut merupakan rencana yang sudah dipersiapkan dari Organisasi UKPK IAIN Jember usai mengadakan rapat kerja yang berlangsung selama tiga hari tersebut. selain itu kunjungan ratusan mahasiswa tersebut yakni  untuk mengembangkan potensi wisata di daerah itu, dengan didampingi langsung oleh Iwan Joyo Suprapto, S. Sos.I salah satu alumni UKPK IAIN Jember , dan kepala dusun Salak Hadi Rakasiwi, serta sejumlah warga lainnya.

Untuk menuju lokasi yang berjarak sekitar 2 Km dari lokasi Raker , rombongan mahasiswa tersebut memilih dengan berjalan kaki, harus menempuh perjalanan yang melewati pematang sawah  sepanjang 500 meter, kemudian dilanjutkan dengan  harus menempuh jalan yang sedikit curam dan terjal untuk dapat mencapai lokasi itu.

Sesampai di areal Air terjun damar wulan yang memiliki ketinggian 15 meter tersebut, mereka tampak mengagumi pesona keindahan alam yang cukup menawan itu. Bahkan, sebagian dari mereka langsung menceburkan diri ke lubuk yang tidak terlalu dalam untuk menyegarkan tubuh, setelah tampak lelah menempuh perjalanannya.

Kemudian perjalanan mereka di lanjutkan ke lokasi air terjun yang tidak jauh dari lokasi pertama, air terjun tersebut memiliki bibir tebing yang sangat lebar dan lokasi pemandiannya pun sangat luas dengan kedalam air lebih dari 2 Meter dan memiliki ketinggian tebing Air setinggi sekitar 5 Meter. Selain menyuguhkan pemandangan persawahan yang tersusun Rapi seperti persawahan di Ubud Bali, mereka juga bisa berfoto selfie dan mandi di lokasi yang mirip dengan Nigara waterfall yang terdapat di benua Amerika tersebut, bahkan tidak sedikit dari kawan kawan UKPK IAIN Jember yang langsung menceburkan diri ke Lokasi Air terjun yang sangat Jernih tersebut.

Usai melakukan Kunjungan dan mandi bersama di lokasi kedua Air terjun tersebut, Ratusan Mahasiswa Organisasi intra Kampus tersebut itu mendapat sedikit  wejangan dari Iwan Joyo S. salah satu senior yang juga alumni UKPK IAIN Jember, agar mereka mencintai lingkungan.


"Mari kita sama-sama menjaga kelestarian alam serta mencintai keindahan alam, dan sama-sama mencegah kerusakan hutan dan lingkUngan kita," pintanya.
Sebab, imbuh dia, tanpa dibayar, tumbuh-tumbuhan itu  telah menghasilkan dan memberikan oksigen untuk kehidupan kita.
"Untuk itu, mari kita jaga dan nikmati. Selain itu, jangan pernah kita kotori sumber air, yang bisa saja akan bertambah kering dan warga akan menderita," lanjut pemuda Sumbersalak tersebut.
Dia menambahkan,  “ Pasca Rapat Kerja Pengurus UKPK IAIN Jember ini saya Harapkan agar kalian melaksanakan apa yang telah kalian Programkan ketika raker, jangan setengah setengah menjalankan Program, dan berpegang teguhlah pada AD dan ART organisasi Kalian” , Imbuhnya

Lebih jauh, ia juga menceritakan tentang suka dukanya ketika menjadi aktivis Mahasiswa IAIN Jember Lebih Lebih ketika bergabung dengan Organisasi yang membesarkan kariernya, yakni UKPK IAIN Jember  hal tersebut untuk menambah wawasan dan memotivasi  bagi para Pengurus UKPK


Sementara itu, ketua UKPK IAIN Jember, Khusaeri yang akrab di panggil dengan  Zein ini,  mengaku bangga dan terkesan pasca melaksanakan Rapat Kerja di Desa Sumbersalak yang kaya akan sumberdaya Alamnya ini. Dan dia berkomitmen untuk  konsisten dalam menjalankan  program kerja yang telah di putuskan bersama  Pengurus UKPK (Iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar