Minggu, 11 September 2016

LOKASI NGABUBURIT ASYIK DI SUMBERSALAK


Bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, berbuka puasa adalah hal yang paling dinantikan. Seringkali saat menanti beduk Maghrib berkumandang banyak waktu terluang dan menjadi kesempatan melakukan kegiatan untuk membunuh waktu. Salah satu kegiatan yang populer yang biasa dilakukan adalah: Ngabuburit!
Kata ngabuburit diartikan sebagai menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu Bulan Ramadan. Umumnya, orang-orang melakukan Ngabuburit pada jam 3-5 di sore hari. Biasanya mereka berkeliling naik motor sambil mencari panganan yang menarik untuk berbuka puasa nanti. Di beberapa tempat, Ngabuburit digunakan untuk kegiatan pesantren kilat atau pengajian menjelang buka puasa.
Ada banyak cara yang di lakukan warga Bumi Damarwulan atau Warga Desa Sumbersalak  saat menanti bedug azan magrib sebagai tanda waktunya berbuka puasa.
Ada yang bersantai di eks Stasiun Sumbersalak, ada juga yang membaca al-quran di masjid dan ada juga yang mendatangi lokasi lokasi wisata seperti air terjun pemandian Damarwulan dan lainya.
Hal ini terlihat, seperti di lokasi air terjun Air Terjun Anjasmoro, yang berada di didesa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember
Di Bulan Puasa seperti sekarang, Air terjun yang berjarak 30 Km kearah timur dari pusat Kota Jember, mulai ramai dikunjungi mulai pukul 15.00 pengunjung yang rata rata warga dari desa tetangga ini mulai mendatangi lokasi wisata alam tersebut. Dengan jarak tempuh beberapa menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun Roda empat.
"Pemandangannya bagus, alamnya juga bagus, enak sebagai lokasi bersantai dan jaraknya juga dekat dari saya. Hampir setiap sore saya dan teman teman kesinii sembari menunggu sore hari menyambut buka puasa,"ungkap Novi, salah satu pengunjung dari kecamatan Silo .
Dikatakan Novi, pesona dan alam yang sangat bersahabat membuat ia dan teman temanya kadang lupa waktu. Selain bersantai, juga sempatkan berfoto dan mancing di Air terjun Anjasmoro Menurutnya, rasa lapar dan haus kadang tak terasa selama berada di lokasi air terjun.
"Daripada kita beraktifitas dengan hal hal negatif lebih baik kesini. Ibadah dapet, refresing dapet dan juga bisa mengenal wisata alam," ujarnya
Sementara, air terjun Anjasmoro di Desa Sumbersalak sendiri sangat menarik pandangan mata. air yang jatuh kebawah terlihat halus, putih jernih. Sementara air terjun tersebut terdapat 3 tangga , hingga semakin menarik terlebih jika untuk bagraound foto.

Tak hanya itu, dibebarapa bagian dinding air terjun juga tumbuh, tumbahan liar yang hijau. Menariknya lagi, sebagian tumbahan liar tersebut tumbuh dibalik air terjun. Dan uniknya lagi disekitar air terjun Anjasmoro terdapat banyak tumbunhan pohon bambu yang semakin melengkapi pemandangan di sekitar air terjun tersebut. Iwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar