Sabtu, 12 Maret 2016

KOMUNITAS TANOKER FASILITASI PELATIHAN SISTEM INFORMASI DI DESA SUMBERSALAK



Iwanjoyo.blogspot.com - Penguasaan informasi dan teknologi menjadi sesuatu yang mutlak dikuasai secara maksimal. Dan sangat membantu  banyak bagi petugas di pemerintahan desa/kelurahan yang menjadi ujung tombak, mulai dari hal-hal bersifat administrasi data, informasi, surat menyurat, hingga pelayanan publik.


Bertempat di Pendopo Balai Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, puluhan staf perangkat Desa, BPD serta masyarakat dari berbagai elemen mengikuti Pelatihan Pengenalan Teknologi Informasi. Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Sumbersalak Abdul Haki  dan Direktur Komunitas Belajar Tanoker Ledokombo Dr. Ir. Suporahardjo, M.Si  dalam pembukaan acara yang digelar pada Hari Sabtu, 12 Maret 2016 tersebut, serta  Bapak Hermanto Rohman, S. Sos. MPA  dosen Fisip Unej sebagai pemateri dalam acara pelatihan tersebut Dalam kesempatan itu Kepala Desa Sumbersalak Abdul Haki menyampaikan, bahwa sosialisasi perkembangan Komunikasi dan Informasi merupakan suatu hal yang harus diberikan kepada masyarakat secara berkesinambungan, agar masyarakat tahu akan segala manfaat yang bisa didapatkan didalamnya, dan  dapat digunakan sebagai sumber inspirasi dan informasi menyangkut dunia usaha yang digelutinya, dan sudah barang tentu juga agar masyarakat dapat mengikuti perkembangan jaman yang telah sedemikian pesat. “ apalagi di Indonesia, Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu dari enam bidang fokus utama pengembangan Iptek, selain bidang ketahanan pangan, Sumber energi terbarukan, teknologi dan manajemen transportasi, teknologi pertahanan, dan teknologi kesehatan obat obatan. “ pungkasnya.


Sementara itu, menurut Direktur Tanoker Dr.Ir Suporahardjo,  M. Si
,  pelatihan ini merupakan salah satu wujud pembinaan dan pengembangan kapasitas pemerintahan desa yang berbasis IT. Tujuannya meningkatkan pengetahuan aparat desa dan BPD Serta tokoh tokoh pemuda  dalam mengelola manajemen, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta agar memiliki kompetensi memadai dalam menyajikan informasi dan data yang benar menggunakan media teknologi.
Lebih lanjut, dijelaskan Supo, sasaran kegiatanPelatihan  ini adalah perangkat desa, Pemuda Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta  beberapa mantan  buruh Migran Desa Sumbersalak hal tersebut disebabkan banyaknya warga masyarakat sumbersalak yang menjadi TKI di Luar negeri  guna mempermudah berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait terutama dengan keluarga yang ditinggalkan.
Selain itu, dia menegaskan Bahwa pengenalan dan penggunaan perangkat IT serta pengoperasian beberapa Aplikasi dasar. Peserta pelatihan juga diajak untuk mencari informasi di internet yang berkaitan dengan Industri Pertanian, Pendidikan, Pariwisata, dunia Usaha Kecil Menengah, dan mengenai Peternakan, Tegas pekerja sosial tersebut.


Dalam Pemaparannya  Dosen FISIP Universitas Jember  bapak Hermanto Rohman, S. Sos. MPA  selaku pemateri Menjelaskan, hadirnya Sistem Informasi desa berbasis teknologi menjadi salah satu pilihan paling pas dan tepat untuk mencapai tertib administrasi desa dan kelurahan. “Melalui sistem informasi berbasis komputer, harapannya informasi yang dihasilkan lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu, sehingga lebih efektif dan efisien,” jelasnya.
Dan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia aparatur desa dalam menunjang tugas pokok dan fungsinya. Terutama dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, serta mempunyai keterampilan yang nantinya menentukan baik tidaknya manajemen data informasi di di tingkat.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar