Minggu, 07 Februari 2016

KKN UNEJ ADAKAN PENYULUHAN PEMBERANTASAN HAMA PADI DIDESA SUMBERSALAK

Demi menambah pengetahuan petani tentang pertanian, sejumlah mahasiswa yang melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember mengadakan kegiatan penyuluhan yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sumbersalak . Penyuluhan diselenggarakan pada hari Jum’at, 05 Februari 2016 bertempat di pendopo Balai desa  Sumbersalak . Tema yang diangkat adalah berkenaan Pengendalian Hama Tanaman padi untuk Meningkatkan Produktivitas Tanaman Padi. Dalam penyuluhan dibahas mengenai Pengolahan Pertanian Terpadu, Pengendalian Hama Tikus, dan Budidaya Tanaman Padi. Hal ini disampaikan dengan maksud agar pertanian desa dapat lebih berkembang. Serangan hama yang terus datang silih berganti pemicunya adalah pola tanam yang tidak serempak, dan lahan persawahan yang hanya dimanfaatkan untuk mananam padi secara terus menerus. Hadir dalam Sebagai Pembicara  Dosen Fakultas Pertanian Universitas Jember Bpak Nanang Tri Haryadi. Sp, MSc mengajak seluruh petani desa untuk sama-sama membudidayakan Padi dengan pemupukan secara organikk, karena dengan menanam padi secara organic maka hasil yang lebih optimal pada musim berikutnya.]\

Selain tanaman padi, tanaman Tembakau  yang merupakan tanaman budidaya desa Sumbersalak  pun memiliki masalahnya tersendiri. Serangan vektor kutu tepung yang mengakibatkan adanya penyakit cendawan jelaga yang bersifat saprofit. Bercak-bercak hitam yang menempel pada bagian atas daun mengakibatkan proses fotosintesis menjadi terhambat. Ketika proses fotosintesis sudah bermasalah, maka efek selanjutnya adalah pada pengakutan sari makanan dalam proses metabolisme tanaman menjadi terganggu. Sehingga pengendalian hama yang harus dilakukan adalah membasmi sumber penyakit, yaitu kutu tepung. Kutu tepung ini dapat diracun menggunakan insektisida yang disemprotkan pada tanaman, sehingga tanaman jeruk limau dapat terhindar dari penyakit cendawan jelaga yang merugikan.

Harapan kami atas segala proses pembelajaran bersama masyarakat desa Sumbersalak  selama ini, semoga kedepannya pertanian desa Sumbersalak  dapat terus berkembang serta mampu menjadi pemasok terbesar padi, dan tanaman lainnya untuk Kab. Jember dan sekitarnya. Tingkat kesejahteraan dan tingkat pendidikannya pun lebih meningkat dari hari demi harinya. (Iwan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar