Kamis, 08 Oktober 2015

Keindahan Air Terjun Damar Wulan Menarik Kunjungan Puluhan siswa SMA Homeschooling dari Bogor


By. Iwan. Sumbersalak


SUMBERSALAK - Satu lagi kawasan wisata air terjun yang tidak boleh dilupakan kalau berwisata ke Jember Bagian Timur, yaitu air terjun Damar Wulan yang terletak di Dusun Salak, Desa Sumbersalak. Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. 30 Km Dari pusat Kota jember Ketimur 
Dibandingkan air terjun lainnya Dipulau Jawa, air terjun Damarwulan ini dapat dikatakan memiliki kelebihan sendiri. Perpaduan antara keindahan alam pegunungan dan persawahan  yang indah, sejuk dan asri, dengan kehidupan para petani yang sedang bekerja di sawah. Seperti menjadi obat mujarab bagi jiwa-jiwa yang lelah, setelah sebelumnya terlilit rutinitas pekerjaan
Uniknya, di kawasan air terjun Damar Wulan ini ternyata tidak hanya ada satu air terjun saja, tetapi tiga air terjun sekaligus. Masing-masing air terjun memiliki ketinggian antara 5 meter hingga 30 meter. “Dua diantaranya merupakan air terjun bertingkat (air terjun satu dan dua). Sedangkan satu air terjun lagi letaknya berdampingan dengan air terjun di tingkat paling atas (air terjun kedua), agak tersembunyi di balik tebing,” kata  Moh. Ali, Warga Setempat.
Keunikan air terjun tersebut didengar langsung oleh beberapa siswa yang datang dari Bogor Jawa Barat. Meraka kagum akan lukisan alam yang mereka ketahui dari beberapa media sosial..  tidak butuh lama untuk mengumpulkan beberapa temannya untuk segera mengunjungi sensasi alam yang terdapat di Jember Bagian Timur tersebut. 
“ kami dan teman teman memang sengaja mendatangi air terjun ini mas..,  kami mendapatkan informasi dari beberapa media sosial yang memperlihatkan keindahan Air Terjun tersebut” . Kata salah satu rombongan siswa yang tidak mau disebutkan namanya.
Setelah berbincang beberapa saat perjalan kami lanjutkan kembali dengan berjalan kaki. Medan untuk menuju ke Air Terjun Damar Wulan  bisa dikatakan sedikit sulit sebab perjalanan harus melewati jalan setapak melewati area persawahan yang sangat indah . Akan tetapi banyak hal menarik yang kami temukan dalam perjalanan diantaranya pelajaran untuk tidak menyerah untuk mencapai tujuan. Dan hal terpentingnya adalah bahwa hal tersebut tidak bisa di dapatkan di mall dan hanya bisa di dapatkan di alam. Dari alamlah kami mencoba belajar.
Setelah menempuh perjalan kurang lebih 30 Menit  akhirnya kami sampai di Air Terjun Damar Wulan. Sebuah Lukisan alam yang alami  yang disajikan kepada masyarakat agar manusia tetap bersyukur atas ciptaannya .
Setelah menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk berfoto Selfie  dan mandi  melompat dari tebing layaknya anak  desa yang mandi disungai. 
Perjalanan kami di lanjut ke Air terjun tingkat kedua.. sebuah perjalanan yang sangat melelahkan dikarenakan harus melewati perkebunan Kopi yang begitu menanjak dan menurun. Tak sia sia perjalanan kami ketika sampai di air terjun yang tinggi diapit oleh beberapa tebing curam dan mempesona, yang konon menurut cerita masyarakat bahwa air terjun tersebut di yakini sebagai tempat petilasan damar wulan bahkan ada yang berpendapat bahwa air terjun tersebut merupakan tempat mandi damar wulan sewaktu kecil.
Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 Meter tersebut tidak disia siakan oleh rombongan kami untuk mandi dan berfoto selfie. Puas dengan berbagai macam pose foto kami segera kembali ke air terjun ke tiga tersebut dan melanjutkan untuk bertolak untuk kembali. 
Perjalan tidak kalah serunya di banding perjalan menuju Air Terjun Damar Wulan sebab kami kembali melalui rute yang sama. Secara keseluruhan puluhanHomescoolingtrsbtmerasa sangat senang dan puas sebab dengan melakukan hal-hal yang menguras tenaga dan mengeluarkan keringat apalagi di alam bebas rasanya mampu mengurangi beban fikiran yang ada. Dan untuk teman-teman yang ikut serta penulis berpesan bahwa bukan tujuanlah yang membuat sesuatu berharga tapi proses menuju tujuan tersebutlah yang membuatnya menjadi luar biasa.
 
Dan untuk selanjutnya rombongansiswatersebutbersilaturrahmi ke LembagaPendidikan Islam Nuruz Zaman di dusunPaluomboDesaSumbersalak, dan mengunjungi petilasan Damar Wulan yakni sebuah Pohon Besar ( pohon “Godril” atau “trembesi”)  yang kiniberumur ratusan Tahun yang tidak jauh dari Lembaga tersebut. dan kemudian perjalanan kami dilanjutkan ke sebuah Komunitas yakni TANOKER yang terdapat di Kecamatan Ledokombo, Tanoker Merupakan sebuah Komunitas yang bergerak di bidang sosial yang kiprahnya sudah Go International.....  dan merupakan  sebuah tempat di mana pertemuan berbagai kalangan dari berbagai latar belakang golongan, ras, etnis, bangsa dan kelompok budaya, yang memiliki tujuan untuk saling menguatkan demi menciptakan perdamaian, keadilan dan kesejahteraan, khususnya bagi anak-anak.
(Iwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar