Minggu, 20 Desember 2015

Waterfall DAMAR WULAN Harus Dikelola


LEDOKOMBO– Penemuan air terjun (waterfall) yang dinamakan Damar Wulan  di aliran Sungai dampar , Dusun Salak Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember , menjadi perhatian pemerintah setempat. Mengingat, keindahan air terjun kedua air terun tersebut yang memiliki ketinggian berfariasi yakni 7 Meter dan 15 Meter yang tempatnya berdekatan dengan air terjun yang satunya,  memang mempesona. Kasun Salak  Hadi Rakasiwi, menuturkan, penemuan air terjun tersebut membuat banyak pihak terkesima, Terutama kauwula muda dan beberapa pelajar yang sudah mengunjungi Air Terjun tersebut… seakan ada maghnet tersendiri supaya para pengunjung betah dan bolak balik untuk mengunjungi air terjun yang disebut sebagai Niagara Mini ini . Ungkap Tokoh masyarakat ini yang juga ikut serta membersihkan air terjun Damar Wulan Ini
Mengingat, air terjun tersebut memiliki banyak keistimewaan lebih jika dibandingkan air terjun lain. ‘’Ini aset besar,” ungkap Hadi Rakasiwi  kepada Penulis . Menurut dia, air terjun tersebut memiliki prospek cerah bagi masyarakat sekitar. Sebab, adanya air terjun tersebut bisa mengundang banyak pengunjung. ‘’Air terjun itu diibaratkan mutiara terpendam,’’ sanjungnya.
Karena itu, pihaknya akan berupaya agar air terjun tersebut dikelola dengan baik. Salah satunya dengan melakukan pertemuan dengan berbagai pihak untuk mencari solusi agar air terjun tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. ‘’Jika nanti ramai, kuliner akan tumbuh di sekitar air Terjun  itu,’’ paparnya. Dia mengungkapkan, bahwa lokasi air terjun Air Terjun Damar Wulan  tersebut sangat Mudah Dijangkau oleh kendaraan Roda karena Langsung Menuju Kelokasi Air Terjun.
Sementara itu, lokasi air Damar Wulan tersebut tidak terlalu jauh. Yakni sekitar 300 meter dari permukiman warga. Rute yang dilalui adalah jalan dengan lebar sekitaran 1,5 Meter, untuk menjangkau lokasi air terjun bisa diakses Dengan kendaraan roda dua. Namum jika akan menuju ke air terjun yang nomor 2 Pengunjung Melalui dengan berjalan kaki mengingat rute tersebut sedikit terjal harus melewati perkebunan dengan jarak 100 Meter dengan air terjun yang pertama.
Selama menempuh Perjalanan, para pengunjung akan disuguhi panorama indah yakni hamparan tanaman Padi yang bertingkat yang tak kalah dengan pemandangan sawah yang ada di ubud Bali  dan beberapa sayuran semakin menambah keindahan....IWAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar